FANDOM

Gotei 13
Gotei 13 Infobox
Nama
Kanji

護廷十三隊

Romaji

Goteijūsantai

Inggris

13 Court Guard Squads

Indonesia

13 Pasukan Penjaga

Status
Pendiri

Genryūsai Shigekuni Yamamoto

Markas Besar

Soul Society, Seireitei

Pemimpin

Kapten-Komandan

Anggota Senior
Anggota Lain

Seluruh anggota Gotei 13

Afiliasi

Soul Society; Royal Guard; Korps Kidō; Onmitsukidō

Tujuan

Sebagai Kekuatan Utama dan Pertahanan Soul Society

"Mati untuk membasmi kejahatan besar. Ketahuilah bahwa ini adalah jiwa Gotei 13." -
Genryūsai Shigekuni Yamamoto[1]</br>

Gotei 13 (护 廷 十三 队, Goteijūsantai) adalah cabang militer utama Soul Society dan organisasi militer utama yang paling banyak diminati para Shinigami untuk bergabung setelah meninggalkan akademi.

Sejarah

Generasi Pertama Gotei 13

Generasi Pertama Gotei 13 yang dijuluki "Iblis" oleh Yhwach.

Sejarah lebih lanjut tentang Gotei 13 masih belum diketahui, organisasi ini diketahui didirikan oleh Genryūsai Shigekuni Yamamoto, yang telah menjabat sebagai kepala kelompok sejak awal. Generasi pertama dari Gotei 13 terdiri dari Yamamoto, Yachiru Unohana dan 11 kapten lain. Dianggap oleh Shunsui Kyōraku sebagai generasi yang terkuat yang pernah ada dari Gotei 13.

Menurut Yhwach, Gotei 13 hanya mencantumkan nama "Penjaga", padahal sebenarnya mereka adalah iblis pembunuh, tapi karena itulah adalah alasan mereka sangat ditakuti. Perlu dicatat Gotei 13 mengalami perubahan dramatis setelah pemusnahan para Quincy, mereka melunak dalam damai pada masa berikutnya, karena sekarang telah menemukan rasa keadilan setelah menemukan hal-hal yang patut untuk dilindungi.

Tugas

Gotei 13 berfungsi sebagai kekuatan militer dengan tanggung jawab utama dan memiliki tugas-tugas yang terdiri dari:

  • Melindungi Seireitei, pusat Soul Society.
  • Mengirim anggota Divisi ke wilayah musuh untuk operasi tempur.
  • Mengirim beberapa anggota Divisi ke Dunia Manusia untuk melindungi mereka.
  • Membersihkan Hollow.
  • Membimbing Roh ke Soul Society.

Pekerjaan Umum

Gotei 13 biasanya tidak beroperasi sebagai unit yang menyatu. Komando divisi umumnya diserahkan kepada kebijaksanaan dari Kapten-nya, yang umumnya berjalan dengan cara apapun yang dia anggap cocok, yang memungkinkan terjadi perubahan tugas tradisional divisi menjadi hal yang sama sekali baru dan bahkan penciptaan suatu lembaga yang terpisah tapi terhubung ke suatu divisi. Tugas utama Gotei 13 adalah untuk mempertahankan Seireitei, tetapi mereka dialokasikan distrik di Rukongai untuk dipertahankan. Selain tugas tersebut, Shinigami harus melaksanakan urusan yang ditugaskan ke Dunia Manusia.

Satu-satunya otoritas umum untuk memanggil gabungan garis depan adalah sebuah dekrit dari Anggota Pusat 46, atau yang lebih sering Kapten-Komandan. Hal ini tidak jarang bagi para kapten tidak melihat satu sama lain sebagai kelompok secara keseluruhan untuk jangka waktu yang lama, kecuali untuk kasus-kasus yang melibatkan ancaman bagi seluruh Soul Society, hukuman kapten, atau, pada tingkat yang lebih rendah, promosi kapten. Secara berkala, kapten menyebar di seluruh Soul Society melakukan tugas divisi mereka, apapun bentuknya. Selama mereka menyebar, bisa membuat kapten bersama-sama sebagai sebuah kelompok, atau bahkan letnan mereka bersama-sama sebagai kelompok, biasanya bisa mengambil satu hari untuk membuat hal.

Kecuali secara khusus diperintahkan oleh Kapten-Komandan, kapten dapat memilih apakah akan atau tidak menghadiri pertemuan (dengan resiko sendiri) atau bahkan tidak melibatkan diri dalam situasi sehari-hari Soul Society. Kapten tidak diperbolehkan, tanpa izin, melaksanakan kegiatan di luar wilayah hukum normal atau divisi mereka. Kapten suatu divisi tidak bisa menghukum bawahan dari kapten lain.

Secara resmi, Korps Kidō dan Onmitsukidō bukan bagian dari Gotei 13, tapi karena Soi-Fon adalah kapten dari Divisi 2 dan juga pemimpin Onmitsukidō, Onmitsukidō secara efektif di bawah kendali Gotei 13. Selain itu, kapten Korps Kidō telah dikenal mematuhi panggilan dan perintah Kapten-Komandan Gotei 13.

Organisasi

Struktur

Gotei 13 terdiri dari tiga belas divisi, dengan beberapa divisi yang memiliki spesialisasi tertentu.

Gotei 13 dipimpin oleh Kapten-Komandan, yang memiliki kewenangan mutlak untuk melakukan semua urusan Gotei 13 sementara menunda kewenangan Anggota Pusat 46 dalam hal yang melibatkan Soul Society.

Seperti setiap militer, Gotei 13 memiliki peringkat. Ada 20 peringkat untuk perwira, tapi tidak ada jajaran untuk non-perwira. Semakin rendah nomor, semakin tinggi peringkat. Pangkat dan deskripsi mereka ada dibawah, dari yang tertinggi ke terendah dalam hal kekuatan. Gotei 13 adalah sebuah organisasi dengan hirarki berdasarkan keunggulan. Dan telah dibuang sistem peringkat berdasarkan senioritas. Kemampuan adalah satu-satunya hal yang digunakan untuk menentukan peringkat seseorang.

Dewan Kapten

Para kapten berkumpul di aula utama dari Barak Divisi 1 untuk membahas isu-isu penting yang melibatkan divisi khusus mereka dan hal-hal yang akan mempengaruhi Soul Society. Dewan ini sangat formal, dengan Kapten-Komandan memimpin proses acaranya. Semua kapten dianggap sama (pengecualian untuk Kapten-Komandan), dan menentukan program divisi masing-masing kecuali ditentukan hal sebaliknya oleh Kapten-Komandan. Penilaian dilaksanakan melalui kesepakatan suara yang bulat.

  • Kapten-Komandan (総隊長, Sōtaichō, Kapten Kepala) adalah pemimpin tertinggi Gotei 13. Posisi tersebut membutuhkan Kapten-Komandan untuk mengawasi operasi keseluruhan dari Gotei 13, Onmitsukidō dan Korps Kidō ketika kesejahteraan Seireitei dan Soul Society yang dipertaruhkan. Satu-satunya kekuasaan tanggung jawab Kapten-Komandan adalah kepada Anggota Pusat 46, yang memilih penerus dari Kapten-Komandan yang sekarang dalam hal kematian mereka. Mantan pemegang gelar ini adalah Kapten Genryūsai Shigekuni Yamamoto dari Divisi 1, yang telah menyandangnya selama 1000 tahun terakhir. Saat ini Kapten-Komandan adalah Shunsui Kyōraku.
  • Kapten (隊長, Taichō, Komandan Satuan) adalah pemimpin untuk salah satu dari tiga belas divisi (dengan pengecualian khusus untuk Kapten-Komandan).

Kapten umumnya adalah Shinigami yang paling dihormati di dalam Soul Society, dengan ketua Korps Kidō dan Onmitsukidō kemungkinan berada di status yang sama. Dengan satu pengecualian, semua kapten mampu memanfaatkan tahap akhir dari Zanpakutō mereka, dan jauh lebih kuat daripada letnan mereka. Mengetahui Bankai memberikan kapten rata-rata lima sampai sepuluh kali kekuatan Shinigami yang tidak mampu untuk melakukan itu. Mereka telah secara ekstensif terlatih, jika tidak menguasai Bankai, yang memungkinkan mereka untuk menggunakan kekuasaan yang sangat besar secara efektif dalam pertempuran. Kebanyakan kapten terampil dalam penggunaan Shunpo dan Kidō, dan umumnya memiliki pengetahuan luas tentang sejarah Shinigami dan taktik pertempuran. Semua faktor ini membuat kesenjangan kekuatan yang besar antara kapten dan petugas yang lebih rendah peringkatnya.

Mereka berfungsi sebagai Kepala pejabat eksekutif, dan mereka menentukan program, organisasi, taktik, dan kebijakan divisi mereka. Kekuatan kapten terhadap divisinya adalah mutlak dan tidak dapat dipertanyakan oleh bawahan atau kapten dari divisi lain. Seorang kapten dapat memilih untuk mengubah spesialisasi divisinya (yang Kisuke Urahara lakukan setelah menjadi kapten Divisi 12). Karena kapten memiliki otoritas tertinggi di divisi masing-masing, divisi adalah entitas yang terpisah dan bukan militer terpadu. Dengan demikian, mereka hanya memiliki hak untuk menghukum tindakan bawahan mereka bukan orang-orang dari divisi lain kecuali divisi yang bersangkutan tidak memiliki kapten saat ini atau tindakan bawahan itu bertentangan dengan undang-undang atau aturan Soul Society.

Kekuatan sebenarnya dari Soul Society terletak pada kapten di Gotei 13, karena mereka adalah pemimpin kelompok militernya. Dengan mereka pada kekuatan penuh, Soul Society aman dan hampir tak terkalahkan. Jika mereka pecah, kekuatan mereka akan hilang dan berkurang, membuat mereka sangat rentan.

Ada tiga cara yang berbeda untuk menjadi kapten Gotei 13:

  • Tes Kemampuan Kapten (隊首, taishu): Sebuah tes yang membutuhkan kemampuan untuk melakukan Bankai. Hampir semua Shinigami menjadi kapten menggunakan metode ini. Setidaknya tiga kapten yang ada, termasuk Kapten-Komandan, harus menyaksikan ujian.
  • Rekomendasi Perseorangan: Memiliki rekomendasi pribadi dari sedikitnya enam kapten dan persetujuan dari setidaknya tiga kapten dari tujuh yang tersisa.
  • Tantangan Bertarung: Mengalahkan seorang kapten satu lawan satu dengan setidaknya 200 saksi dari divisi kapten itu. Metode ini dipandang sebagai yang paling sangat langka dan paling gila dari ketiga cara. Metode ini umumnya dipandang rendah oleh beberapa kapten sebagai barbar dibandingkan dengan metode yang halus lainnya. Metode ini memungkinkan seseorang melewati penguasaan Bankai atau kemampuan lain yang mungkin seorang kapten perlukan harus dimiliki, untuk itu membuat tidak ada penilaian dari kapten yang akan memerlukan kemampuan tersebut sebagai prasyarat untuk bergabung dengan mereka. Meskipun jarang terjadi di divisi-divisi lain, Divisi 11 telah dibentuk secara eksklusif menggunakan metode ini, dengan masing-masing kapten mencapai peringkat mereka dengan membunuh pendahulunya.

Letnan

Letnan (副隊長, fukutaichō, Wakil Komandan Unit) sering diterjemahkan sebagai wakil kapten adalah Petugas Kursi ke-2 didalam Divisi.

Letnan berfungsi sebagai pejabat eksekutif untuk divisi mereka, mengurus atau mengawasi tugas sehari-hari. Bersama dengan kapten mereka, mereka tidak ditetapkan ke satu skuad khusus. Mereka umumnya hanya tahu Shikai dari Zanpakutō mereka tetapi masih yang terkuat kedua di divisi mereka. Dalam kasus kematian kapten divisi, kepergian, atau keadaan lain yang membuat kapten tidak bisa melakukan tugas mereka, Letnan bertindak sebagai "kapten pengganti" sampai yang lain dapat ditetapkan.

Kewenangan untuk mengangkat atau memecat letnan terletak semata-mata pada kapten divisi masing-masing, hak istimewa yang diberikan kepada mereka dengan dukungan dari Pusat 46. Kapten berhak untuk menunjuk beberapa letnan pada satu waktu, meskipun hal ini jarang dilakukan karena itu menjadi dianggap sangat tidak ortodoks dan sangat dikecam oleh Pusat 46. Meskipun jarang dilakukan, setiap calon potensial berhak untuk menolak pencalonan.

Pejabat Kursi

Petugas Kursi adalah sisa petugas di Gotei 13 yang memegang peringkat pada Kursi ke-3 kebawah. Kapten dan letnan memiliki jajaran Kursi ke-1 dan ke-2, masing-masing. Di samping itu, ada 18 kursi selebihnya (ke-3 sampai ke-20). Dalam Gotei 13, hanya satu orang yang bisa memegang pangkat petugas senior (seperti Kursi ke-3 atau ke-5), tetapi ada beberapa pemegang jajaran petugas muda (misalnya kursi ke-20). Ini bervariasi dari divisi ke divisi, karena ada dua Kursi ke-3 di Divisi 13. Petugas Kursi sering menyebabkan sub-unit dalam setiap divisi (misalnya, Kursi ke-7 Hanatarō Yamada juga sebagai pemimpin ke-14 Tim Bantuan Lanjutan Divisi 4).

Divisi

Anggota Gotei 13
Divisi 1
Kapten Letnan Lambang Arti Lambang Warna Divisi
Shunsui Kyōraku Nanao Ise & Genshirō Okikiba Bunga Krisan Kebenaran dan Kesucian Ungu Tua
Divisi 2
Suì-Fēng Marechiyo Ōmaeda Bunga Pasque Tidak Mencari Apapun Oranye Gelap
Divisi 3
Rōjūrō Ōtoribashi Izuru Kira Bunga Marigold Keputusasaan Hijau Musim Semi
Divisi 4
Retsu Unohana Isane Kotetsu Bunga Bel/Lonceng Mereka yang Berduka serta Dicintai Merah Muda Kusam
Divisi 5
Shinji Hirako Momo Hinamori Bunga Bakung Lembah Pengorbanan, Bahaya, Cinta Sejati, Kerendahan Hati, Rasa Manis Biru Kusam Kehijauan
Divisi 6
Byakuya Kuchiki Renji Abarai Bunga Camelia Alasan Mulia Biru Gelap
Divisi 7
Sajin Komamura Tetsuzaemon Iba Bunga Iris Keberanian Coklat Sawo Matang
Divisi 8
Kosong Kosong Bunga Strelitzia (Burung Surga) Segalanya yang Diperoleh Mawar Frambos
Divisi 9
Kensei Muguruma Shūhei Hisagi & Mashiro Kuna Bunga Opium Putih Terlupakan Oranye Kecoklatan
Divisi 10
Tōshirō Hitsugaya Rangiku Matsumoto Bunga Narsisis (Daffodil) Misteri, Keegoisan Hijau Gelap
Divisi 11
Kenpachi Zaraki Yachiru Kusajishi Daun Seribu Pertarungan Lavender
Divisi 12
Mayuri Kurotsuchi Nemu Kurotsuchi Bunga Widuri Pembalasan, Keketatan, Kemandirian Hijau Zaitun
Divisi 13
Jūshirō Ukitake Rukia Kuchiki Bunga Tetes Salju Harapan Merah Padam

Perpindahan ke Divisi Lain

Perwira tidak selalu melayani di divisi yang telah ditetapkan kepada mereka seumur hidup. Ini adalah suatu kebiasaan untuk dipindahkan ke divisi lain setelah mendapatkan beberapa pengalaman, suatu peristiwa yang sering bertepatan dengan promosi.[2]

Ukuran & Perekrutan

Setiap Divisi terdiri dari kurang lebih 200 Shinigami, dengan kekuatan pasukan Gotei 13 menjadi hanya sekitar 3000 jumlah tentara wajib militer. Shinigami biasanya direkrut melalui Akademi Shinigami, tapi harus diperhatikan tidak semua lulusan membuatnya menjadi bagian Gotei 13. Lulusan dari Akademi diminta untuk mengambil ujian masuk Gotei 13, dan hanya mereka yang lulus nantinya diperbolehkan untuk bergabung. Ujian ini bisa ditempuh beberapa kali.

Lambang

Masing-masing dari 13 Divisi di Gotei 13 memiliki simbol mereka sendiri yang merupakan peran utama divisi. Ketika pembatas kekuatan ditempatkan pada kapten atau letnan, simbol mereka muncul pada bagian tertentu di tubuhnya sampai pembatas itu dicabut. Setiap simbol memiliki makna tertentu.

Lambang Bunga Gotei 13

Seragam

Pejabat Gotei 13, terutama kapten dan letnan, sering menyesuaikan penampilan pribadi mereka atau seragam mereka. Beberapa modifikasi ini meliputi:

  • Kapten Shunsui Kyōraku dari Divisi 1 memakai topi jerami dan kimono (着物, sesuatu untuk dipakai) berwarna pink bercorak mawar-liar di atas seragamnya.
  • Kapten Soi-Fon dari Divisi 2 memakai pakaian Shinigami tanpa lengan dan tanpa punggung (ketika dia bertarung) di bawah haorinya, yang merupakan masalah standar untuk pemimpin Onmitsukidō. Dia memakai sabuk kuning di lapisan atas, tapi sedikit lebih rendah dari yang berwarna putih.
  • Kapten Retsu Unohana dari Divisi 4 memakai sebuah obi (帯, おび, selempang) daripada sabuk standar.
  • Kapten Byakuya Kuchiki dari Divisi 6 memakai syal mahal bernama Ginpaku Kazahana no Uzuginu (銀白風花の紗, Sutra dari Bunga Liar Perak) dan jepit rambut seremonial putih yang disebut kenseikan (牽星箝, Sisipan Penarik-Bintang), yang melambangkan keturunan bangsawan. 17 bulan setelah kekalahan Aizen, dia memakai haori kapten yang terbuat halus.

Lihat Juga

Referensi

  2. Bleach Official Character Book MASKED, halaman 70

Navigasi

Also on FANDOM

Random Wiki