FANDOM

Hohō
Shunpo Infobox.gif
Nama
Kanji

歩法

Indonesia

Kelincahan

Informasi
Tipe

Teknik Pergerakan

Pengguna

Shinigami, Visored

Hohō (歩法, Metode Langkah) adalah nama yang diberikan untuk satu dari empat ketrampilan bertarung para Shinigami dan berhubungan dengan langkah atau gerak kaki. Hohō adalah sebuah ketrampilan yang penting untuk kebanyakan Shinigami, dan salah satu dari empat dasar gaya bertarung mereka.[1] Kelincahan dan kecepatan Hohō dapat ditingkatkan dan dikembangkan dengan konsentrasi, berlatih, dan penguasaan tentang hal itu. Pengguna utama dari teknik ini adalah mereka yang ditugaskan kedalam Onmitsukidō. Shunpo (瞬歩, Langkah Kilat) adalah perwujudan paling hebat dari teknik Hohō. Bagaimanapun, ada beberapa variasi bahkan dalam Shunpo yang hanya bisa digunakan oleh pengguna Hohō.

Ringkasan

Shunpo (瞬歩, Langkah Kilat) adalah teknik pergerakan yang memungkinkan penggunanya untuk bergerak lebih cepat dari yang bisa diikuti mata biasa.[2] Titik pusat yang menentukan dasar dari teknik ini adalah kecepatan. Sebagaimana kecepatan adalah titik utama dari teknik ini, metode ini paling mudah ditandai dengan seberapa cepat seseorang bisa berpindah dari titik A ke titik B dalam jumlah langkah sedikit mungkin. Pelatihan dan keterampilan adalah yang menentukan seberapa cepat seorang pengguna Shunpo bisa bergerak; mereka yang kurang berketerampilan dalam teknik ini atau mereka yang belum menggunakannya untuk jangka waktu lama jelas tidak akan berhasil, menyebabkan mereka menjadi jauh lebih lambat, dan mengharuskan menggunakan langkah tambahan untuk memindahkan jarak yang sama sehingga menjadi kehabisan napas dalam waktu yang lebih singkat.

  • Yoruichi Shihōin telah diberi gelar "Dewi Kilat" (瞬神, Shunshin), sebagaimana dia adalah pengguna Shunpo tercepat di Soul Society.
  • Tenjirō Kirinji dulu dikenal sebagai Tenjirō si Kilat (雷迅の天示郎, Raijin no Tenjirō) karena ketrampilannya dalam teknik ini, selama berada si Soul Society.[3]
  • Langkah Onmitsu, Shihō Ketiga (隠密歩法 四楓の参, Onmitsu Shunpo Shihō no San) adalah kategori ketrampilan Shunpo, termasuk didalamnya teknik Utsusemi.

Teknik

Pengguna Terkemuka

Master Shunpo

Master Shunpo mampu mempertahankan gerakan kecepatan tinggi untuk waktu yang lama saat menggunakan langkah paling sedikit untuk mencapai perpindahan. Master mampu menggunakan langkah-langkah tingkat lanjut, yang jauh lebih sulit untuk dilakukan. Seorang master mungkin bisa membuat teknik baru tapi kemungkinan besar jarang terjadi.
(Catatan: hanya mereka yang telah terlatih dan mencapai penguasaan baik dinyatakan atau ditampilkan, diluar keunggulan yang mereka peroleh dari Shikai, Bankai atau lainnya termasuk dalam daftar ini).

Letnan Aizen.png
Sōsuke Aizen
Soifon Infobox 2.png
Soi-Fon
Kirinji Infobox.png
Tenjirō Kirinji
Byakuya Infobox.png
Byakuya Kuchiki
Koga Infobox.png
Kōga Kuchiki
Shunsui Infobox.jpg
Shunsui Kyōraku
Yoruichi Infobox.png
Yoruichi Shihōin
Ukitake Infobox.png
Jūshirō Ukitake
Urahara Portal.png
Kisuke Urahara
Genryūsai Infobox.png
Yamamoto

Ahli Shunpo

Para ahli teknik sangat cepat, dan dapat mempertahankan gerakan berkecepatan tinggi untuk waktu yang lama. Meskipun tidak secepat master, mereka dapat menjaganya cukup efektif. Beberapa memegang gelar lebih cepat dari yang lain, tapi, tetap saja, penerapannya teknik ini sangat lanjutan.

Renji Infobox 3.png
Renji Abarai
Love Infobox.png
Love Aikawa
Shūsuke Amagai Infobox.png
Shūsuke Amagai
Kirio Hikifune Infobox.png
Kirio Hikifune
Shinji Infobox.png
Shinji Hirako
Hisagi Drunk.png
Shūhei Hisagi
Hitsugaya Infobox.png
Tōshirō Hitsugaya
Tetsuzaemon Infobox.png
Tetsuzaemon Iba
Gin Infobox.jpg
Gin Ichimaru
Maki Ichinose Infobox.png
Maki Ichinose
Inaba Div 12.png
Kagerōza Inaba
Ashido Infobox.png
Ashido Kanō
Makoto Kibune Infobox.jpg
Makoto Kibune
Sajin Komamura bentuk Manusia.png
Sajin Komamura
Ginrei Kuchiki Infobox.png
Ginrei Kuchiki
Rukia Infobox 2.png
Rukia Kuchiki
Mashiro Kuna Infobox.jpg
Mashiro Kuna
Ichibei Infobox.png
Ichibē Hyōsube
Ichigo Portal.png
Ichigo Kurosaki
Isshin Infobox.png
Isshin Kurosaki
Mayuri.png
Mayuri Kurotsuchi
Nemu Kurotsuchi Infobox.png
Nemu Kurotsuchi
Kensei Infobox.png
Kensei Muguruma
Nimaiya Infobox.png
Ōetsu Nimaiya
Marchiyo Omaeda Infobox.jpg
Marechiyo Ōmaeda
Rose.jpg
Rōjūrō Ōtoribashi
Tosen dahulu.jpg
Kaname Tōsen
Lisa Infobox.png
Lisa Yadōmaru
OkoYushima Mod-Soul Infobox.png
Ōko Yushima

Praktisi Shunpo

Praktisi teknik dapat mempertahankan gerakan cepat untuk waktu singkat, dengan tampaknya hanya mengambil beberapa langkah untuk menjembatani apa yang biasanya menjadi jarak yang besar. Mereka yang praktisi umumnya menggunakan pengetahuan mereka tentang Hoho saat terlibat dalam pertempuran untuk menutup ruang antar petarung. Praktisi yang mempertahankan kecepatan tinggi terlalu lama cenderung menjadi kehabisan tenaga.

Yumichika Infobox.png
Yumichika
Momo Hinamori Infobox.png
Momo Hinamori
Nanao bersiap menyerang.png
Nanao Ise
Kenryu Infobox.jpg
Ryūsei Kenzaki
Kira Infobox.png
Izuru Kira
Isane Infobox.png
Isane Kotetsu
Ikkaku Infobox 2.png
Ikkaku Madarame
Masayoshi Infobox.png
Masayoshi
Rangiku Infobox.png
Rangiku Matsumoto
Unohana Infobox.png
Retsu Unohana
Hachi Infobox.jpg
Hachigen Ushōda

Mereka yang Belum Belajar Shunpo

Mereka dalam kategori ini, tidak memiliki keterampilan dalam Hoho, sebaliknya mengandalkan berjalan untuk memenuhi yang mereka perlukan, atau telah dilatih secara ekstensif untuk meningkatkan kecepatan alami mereka ke tingkat yang memungkinkan mereka untuk bergerak dengan sangat cepat, meskipun jelas itu di bawah dari Shunpo.

Hanataro Infobox.png
Hanatarō Yamada
Zaraki CharPic.png
Kenpachi Zaraki

Referensi

  2. Bleach anime; Episode 61

Navigasi

Also on FANDOM

Random Wiki