FANDOM

Pertempuran bukanlah panggung untuk menunjukan aksi jagoan, dan juga bukan untuk mencari kesenangan. Pertempuran itu dipenuhi dengan keputusasaan, sisi kelam, menakutkan dan mengerikan. Dengan begitu, orang-orang akan belajar takut untuk bertarung, dan akan memilih jalan menghindari peperangan.
— Izuru Kira dalam "FEAR FIR FIGHT"

Izuru Kira
Kira Infobox.png
Status Karakter
Ras

Roh

Ulang Tahun

27 Maret[1]

Gender

Laki-laki

Tinggi

173 cm[2]

Berat

56 kg[2]

Status Profesional
Afiliasi

Gotei 13, Soul Society

Jabatan

Letnan Divisi 3

Divisi

Divisi 3

Divisi Sebelumnya

Divisi 5
Divisi 4

Rekan

Rōjūrō Ōtoribashi

Rekan Sebelumnya

Gin Ichimaru
Shūsuke Amagai (anime saja)

Markas Operasi

Seireitei, Soul Society

Status Pribadi
Hubungan

Kagekiyo Kira (Ayah, meninggal)[3]
Shizuka Kira (Ibu, meninggal)[3]

Pendidikan

Akademi Shin'ō

Zanpakutō
Shikai

Wabisuke

Debut
Anime

Episode 21

Manga

Chapter 72

Pengisi Suara
Jepang

Takahiro Sakurai

Izuru Kira (吉良 イヅル, Kira Izuru) adalah letnan dari Divisi 3 di Gotei 13, sebelumnya dibawah pimpinan kapten Gin Ichimaru, dan saat ini Kapten Rōjūrō Ōtoribashi.

Penampilan

Izuru memiliki mata biru; rambut pirang sebahu yang disisir menjadi tiga poin, dengan dua di bagian belakang kepalanya, dan yang ketiga disisir untuk menutupi mata kirinya. Dia memakai seragam Shinigami standar, dan lencana letnan Divisi 3 di lengan kirinya. Ketika ia masih menjadi murid di Akademi Shin'ō, rambutnya lebih pendek, dengan poni menggantung tepat di atas mata kirinya; dan, ia mengenakan seragam biru standar untuk laki-laki. Tujuh belas bulan setelah kekalahan Aizen, rambut Kira menjadi lebih pendek. Bagian rambut yang menutupi wajah bagian kirinya kini juga jadi lebih pendek.[4]

Kepribadian

Izuru adalah orang yang murung dan mawas diri, tidak mudah dapat bersosialisasi dengan orang lain. Dia umumnya terlihat lemah dan acuh tak acuh, menyebabkan banyak orang yakin ia tidak memiliki kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin. Sebagai seorang perwira, ia tidak cenderung menginspirasi kepercayaan atau meningkatkan semangat dengan cara yang dilakukan letnan lain. Namun, Izuru setia kepada baik teman-temannya dan tugas-tugasnya. Meskipun persahabatan dekat antara dia dengan Momo Hinamori, Izuru menunjukkan bahwa kesetiaannya kepada mantan kaptennya tidak mengenal batas ketika ia membela kaptennya saat dia berada dalam kemarahan yang disebabkan kesedihan dari kematian kaptennya sendiri. Meskipun demikian, ia menyebut dirinya seorang "monster" setelah itu, karena mengangkat pedangnya terhadap Momo. Izuru menganggap hakekat perang adalah keputusasaan, seperti yang ditunjukkan oleh simbol Divisi-nya, bunga marigold. Dia juga membenci bertarung kecuali diminta atau diberikan perintah. Namun, dalam pertempuran ia menunjukkan tekad kejam. Izuru telah menunjukkan dirinya yang kejam dengan ini, memenggal lawannya yang memohon belas kasihan.

Kekurangan kepribadiannya ini juga agak berguna: introspeksinya ditambah dengan kecenderungan untuk khawatir membuatnya ragu-ragu, tetapi juga membuatnya sensitif terhadap perilaku yang tidak biasa. Kesetiaannya kepada divisinya menginspirasi dia untuk berusaha keras dalam pertahanan mereka, seperti yang terlihat ketika Momo Hinamori menyerang Gin Ichimaru dan lagi ketika serangan Makoto Kibune yang membahayakan anggota lain dari Divisi 3. Kepribadian Izuru saat ini sangat berbeda dari hari-harinya saat di Akademi Shin'ō, dimana ia terbukti jauh lebih bahagia dan sedikit sombong setelah menyatakan bahwa Shūhei Hisagi telah gagal ujian masuk dua kali, sedangkan Izuru lulus di tingkat atas kelasnya, memberinya gagasan bahwa bakatnya lebih besar.

Izuru suka menulis haiku dan dia juga diberikan penghargaan untuk salah satu karyanya oleh Komunikasi Seireitei, yaitu sebagai berikut: "Pohon kesemek berbuah. Aaah, pohon kesemek berbuah lagi tahun ini." Ketidaksukaannya pada kesemek kering (perbedaan besar antara dia dan mantan kaptennya) memberi petunjuk pada latar belakang puisi. Dia sebaliknya suka agar-agar. Dia juga menulis seri novel berjudul "Aku Ingin Minta Maaf Kepadamu." Ini berjalan dalam Komunikasi Seireitei dan setiap bab baru dimulai dengan sepotong haiku. Dia juga penulis "Saatnya Haiku Kira Izuru". Dia berhubungan baik dengan sesama penulis Shūhei Hisagi dan di waktu luang mereka, mereka berpartisipasi dalam pertemuan pecinta haiku. Izuru juga memberikan kuliah khusus puisi pada Akademi Shin'ō. Juga diketahui bahwa ia terampil dalam bermain ayunan kucing.

Riwayat

Plot

The Thousand-Year Blood War arc

Yachiru menjawab Kira.png

Kira diberitahu tentang penyelidikan Divisi 11.

Saat kapten berada dalam rapat, Izuru membahas situasi dengan letnan lainnya. Dia menyatakan bahwa menurut laporan Divisi 12, serangan Wandenreich baru-baru ini dan lenyapnya Hollow saling terkait, namun kasus penghilangan di Rukongai dikatakan perselisihan lokal dan tidak lagi diselidiki, meskipun kejadian itu masih berlanjut. Izuru bertanya apakah ada orang yang menyelidiki di luar Distrik 50. Yachiru melaporkan bahwa anggota Divisi-nya pergi ke Distrik 64. Izuru mengetahui dari dia bahwa jejak kaki yang ditinggalkan adalah campuran kaki telanjang dan sandal.
Kira berkomentar.png

Kira menyatakan dia akan melaporkan hal ini kepada Kapten-Komandan Genryūsai Shigekuni Yamamoto.

Dia menyatakan bahwa standar hidup di Rukongai menurun tajam di luar Distrik 50 dan statistik dari 550 tahun sebelumnya menunjukkan bahwa tidak ada yang memakai sandal di luar Distrik 59. Ia menyimpulkan bahwa jejak kaki sandal kemungkinan besar ditinggalkan oleh Shinigami. Dia menyatakan bahwa itu tidak biasa dan bahwa Tim Investigasi Reishi dari IPPS biasanya yang akan berpartisipasi dalam penyelidikan kasus tersebut, namun hal ini tidak terjadi. Dia bertanya pada Nemu Kurotsuchi apa yang disembunyikan oleh kaptennya. Dia menyatakan bahwa dia tidak diberitahu dan Izuru menjawab bahwa ia akan menginformasikan hal ini kepada Kapten-Komandan Yamamoto.

Kira tertembak.png

Kira terluka parah terkena tembakan penyusup Quincy.

Ketika Wandenreich memulai perang, Kira memperhatikan pilar api biru dan berjalan ke bagian bawah salah satunya, bersama anggota Divisi 3. Dia mempertanyakan anggota Pasukan Pemeriksaan Partikel Roh  tentang berapa lama mereka harus menunggu dia untuk menganalisa hal itu sebelum mereka dapat menyerang. Dia bertanya Kursi ke-3 Rikū Togakushi apakah ia berpikir penyusup tersebut berada dalam pilar, yang menegaskan bahwa mereka pasti berada di sana. Kursi ke-5 Taketsuna Gori dan Kursi ke-6 Asuka Katakura juga mengomentari satu sama lain tentang situasi ini. Anggota Pasukan Pemeriksaan Partikel Roh menegaskan bahwa penyusup adalah Quincy. Sedikit terkejut setelah melihat siluet penyusup, Kira segera memanggil anak buahnya untuk menyerang. Sebelum serangan mengenai musuh, Heilig Pfeil menembak dari pilar menghancurkan sebagian besar sisi kanan perut dan lengan kanan Kira. Kira yang terkejut jatuh ke tanah.

Perlengkapan

Kekuatan dan Kemampuan

Trivia

  • Nama Izuru kadang diromanisasikan sebagai Iduru Kira.[5]
  • Izuru terpilih sebagai karakter paling populer ke-9 dalam jajak pendapat karakter keempat (dalam yang sebelumnya dia berada di tempat ke-18 dan ke-11).
  • Zanpakutō miliknya, Wabisuke, terpilih sebagai Zanpakutō populer keempat dalam jajak pendapat Zanpakutō.
  • Hanya dalam dub anime, ketika Momo Hinamori mencoba menyerang Gin Ichimaru dengan Shikai-nya, Izuru mengatakan "Angkat kepalamu dan bersiaplah untuk mati" untuk merilis Zanpakutō-nya, menghilangkan nama Wabisuke.

Kutipan

Referensi

  1. Bleach Official Character Book Souls, halaman 132
  2. 2,0 2,1 Bleach Official Bootleg KaraBuri+
  3. 3,0 3,1 Bleach manga; Chapter -17, halaman 4
  5. Bleach Official Character Book MASKED

Also on FANDOM

Random Wiki