FANDOM

Quincy
Quincy Infobox.png
Nama
Kanji

滅却師 (クインシー)

Romaji

Kuinshī

Inggris

Monk of Destruction

Indonesia

Pendeta Kehancuran

Informasi
Kekuatan Utama

Senjata Roh

Anggota

Uryū Ishida, Ryūken Ishida, Masaki Kurosaki, dan Wandenreich

Quincy (滅却師 (クインシー), Kuinshī, bahasa Jepang untuk "Pendeta Kehancuran"), dalam istilah modern, adalah medium manusia, yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi keberadaan Hollow. Semuanya berawal ketika mereka mulai berlatih untuk menghadapi Hollow dan mengalahkan mereka, sama seperti yang dilakukan oleh Shinigami.[1] Sebagian besar Quincy telah dihancurkan oleh Shinigami lebih dari 200 tahun yang lalu dalam rangka untuk mencegah kehancuran dunia.[2] Quincy adalah polar kebalikan dari Shinigami.[3]

Ringkasan

Quincy adalah Manusia dengan kesadaran spiritual yang mampu menyerap dan memanipulasi Reishi menjadi Senjata Roh.

  • Manipulasi Reishi: Seorang Quincy menggunakan Reishi di atmosfer, dan menggabungkannya dengan Reiryoku mereka untuk membuat senjata. Mereka bertarung menggunakan kekuatan dari luar.[4] Mereka memiliki waktu lebih mudah mengumpulkan energi ini dalam lingkungan dengan konsentrasi yang lebih tinggi dari Reishi seperti di Soul Society atau Hueco Mundo. Para Quincy cukup kuat, tidak ada perbedaan antara Reishi dan Reiryoku sebagai sumber daya. Kemampuan untuk memanipulasi energi tersebut memungkinkan memiliki kemampuan ofensif, defensif dan mendukung.[5]
  • Senjata Roh: Senjata yang Quincy buat dengan mengumpulkan Reishi di udara.[6] Satu-satunya batas kemampuan Quincy untuk menciptakan dan menembakan panah mereka adalah stamina dan kemampuan untuk menyerap Reishi di sekitar mereka sendiri.

Kesadaran Spiritual: Sebagai makhluk spiritual, Quincy dapat merasakan Hollow dan makhluk spiritual lainnya pada jarak yang signifikan, dan memberitahu ke arah mana mereka pergi, Quincy memiliki persepsi yang akut mengenai Reiatsu.[7]

Gemischt dan Quincy Echt

Pada beberapa titik dalam sejarah mereka, Quincy mulai membedakan diri didasarkan pada keturunan individu dan mengadopsi praktek pemusnahan. Mereka yang berasal dari garis panjang dan hanya beberapa Quincy dan sebagainya, dianggap memiliki darah murni, kemudian dikenal sebagai Echt (纯 血统 (エヒト), Ehito, bahasa Jerman untuk "Murni", bahasa Jepang untuk "Darah-Murni"), sementara semua yang lain malah disebut sebagai Gemischt (混 血统 (ゲミシュト), Gemishuto, bahasa Jerman untuk "Campuran", bahasa Jepang untuk "Darah-Campuran").[8] Dalam rangka melestarikan keturunan murni, banyak keluarga yang melakukan perjodohan antara anak-anak mereka sendiri dan hanya mereka yang termasuk keluarga murni lainnya.[9]

Penampilan

Seragam Quincy.png

Contoh jubah Quincy tradisional.

Titik akhir dari perbedaan mencolok antara Quincy dan Shinigami adalah seragam pilihan masing-masing. Sementara Shinigami memakai hakama tradisional, hitam, dan mengalir, Quincy memakai seragam jubah berkerah tinggi, putih, berukuran pas. Ini mengandung beberapa kemiripan baik seperti pakaian Mandarin Cina dan jubah pendeta Katolik. Hal ini memberikan Quincy gaya khas "orang asing" atau "Barat" dibandingkan dengan Shinigami. Salah satu motif berulang khas Quincy adalah adanya sebuah salib, yang sering muncul di seragam dan artefak mereka. Salib tidak berbentuk sama di antara semua Quincy (misalnya Uryū menggunakan salib Celtic, sementara Ryūken menggunakan pentakel). Ada juga persilangan berujung enam yang muncul di belakang jubah Quincy Uryū.

Quincy Zeichen.png

Diagram dari Quincy Zeichen.

  • Quincy Zeichen (滅却印 (クインシー・ツァイヒェン), Kuinshī Tsaihyen, bahasa Jerman untuk "Tanda", bahasa Jepang untuk "Tanda Penghancuran"):[10] Sebuah salib berujung lima yang muncul dalam berbagai aspek kekuatan dan budaya Quincy. Seseorang harus menguraikan Quincy Zeichen di tanah dengan Seele Schneider untuk melakukan Sprenger.[10] Wandenreich menggunakan variasi dari Quincy Zeichen sebagai lambang mereka, yang berlubang di pakaian[11] dan peralatan mereka.[12][13][14][15] Selain itu, banyak lingkaran cahaya Quincy: Vollständig adalah variasi seperti bintang dari Quincy Zeichen.[16][17][18][19][20][21]

Sejarah

Asal-Usul

Quincy diciptakan oleh Yhwach. Dia adalah Raja mereka dan darah Yhwach mengalir dalam setiap Quincy.[22] Quincy tersebar di seluruh dunia pada suatu waktu. Mereka adalah keluarga dari pemburu sihir yang khusus dalam berperang melawan Hollow.[23]

Kehancuran Quincy

Sejak awal mula Quincy, bertahun-tahun yang lalu, Soul Society berpendapat bahwa masalah membasmi Hollow lebih baik diserahkan kepada Shinigami. Namun para Quincy menolak untuk menerima situasi. Seiring berjalannya waktu, jumlah Quincy meningkat dan siklus jiwa menjadi sangat tidak stabil, memaksa Shinigami yang pada akhirnya melenyapkan Quincy untuk menjaga keseimbangan dunia.[24]

Gagalnya Rekonsiliasi

Garis Quincy dipantau ketat selama beberapa dekade, karena jumlah mereka terus berkurang. Kemudian Quincy mengajukan gagasan bahwa karena mereka sudah diantara yang hidup dan masih lebih banyak pada saat itu, mereka dapat bertindak sebagai "responden pertama" dalam menyerang Hollow: melindungi Manusia sampai jumlah Shinigami lebih sedikit yang bisa dikirim sebagai perwakilan untuk menyelesaikan Hollow. Sakit hati oleh perang baru-baru ini, Shinigami menolak untuk berpartisipasi, bukannya memilih untuk mengalokasikan sumber daya mereka terbatas bereaksi terhadap Hollow paling berbahaya dan serangan Hollow saat ini. Hal ini menyebabkan permusuhan besar terhadap Shinigami. Kakek dari Uryū Ishida, Sōken Ishida, adalah advokat terakhir dari rencana ini, tapi dibunuh oleh sekelompok Hollow sebelum Shinigami bisa sampai.[25]

Legenda Quincy: Realisasi Sejarah

Dalam legenda Quincy, ada sebuah lagu yang dikenal sebagai Kaiser Gesang (圣帝 颂歌 (カイザー · ゲザング), Kaiza Gezangu, bahasa Jerman untuk "Lagu Raja") yang menceritakan tentang seorang raja yang disegel. Menurut lagu, segel akan rusak dan raja akan bangkit, setelah 900 tahun jantungnya kembali berdetak. 90 tahun kemudian, kecerdasannya akan kembali. Dan 9 tahun kemudian, kekuatannya akan kembali. Untuk mendapatkan kembali kekuatannya, raja harus mencuri kekuatan murni dari Quincy. Legenda ini terbukti benar ketika Yhwach menyerap kekuatan Masaki Kurosaki dan Kanae Katagiri kala itu.[26] Namun, menurut Yhwach, ada bagian tambahan dari lagu ini: dalam 9 hari sang raja akan memulihkan dunia.[27]

Bahaya Keseimbangan

Shinigami mengawasi roh antara Dunia Manusia dan Soul Society, yang mempertahankan keseimbangan yang jika tidak dijaga akan mengakibatkan kehancuran bersama dari kedua dunia. Semua roh, termasuk Hollow, dibersihkan jiwanya oleh Shinigami dan kemudian mengirim jiwa mereka ke Soul Society. Sementara Quincy benar-benar memusnahkan jiwa Hollow, sehingga jiwa-jiwa yang datang ke Dunia Manusia tidak akan kembali ke Soul Society dan oleh karena itu roh akan meningkat hanya pada sisi di Dunia Manusia. Akibatnya, Dunia Manusia menjadi berat sebelah, menyebabkan Soul Society ikut turun tangan; memutuskan memusnahkan Quincy untuk menjaga keseimbangan dunia.[28]

Filosofi

Meskipun mereka dilatih untuk menghadapi Hollow dalam rangka mengalahkan mereka seperti yang dilakukan Shinigami, perbedaan terbesar antara Quincy dan Shinigami, sejak zaman kuno, adalah apakah untuk membunuh atau tidak membunuh Hollow. Shinigami memurnikan Hollow dengan Zanpakutō mereka dan mengirim mereka ke Soul Society, sementara Quincy membunuh Hollow. Gagasan itu dapat dilihat sebagai perbandingan keadilan dan balas dendam: "Hollow memakan jiwa manusia, jadi mengapa harus begitu bahwa mereka yang merugikan dan membunuh teman-teman dan kerabat malah dikirim dengan damai ke Soul Society?"[29]

Kapten Mayuri Kurotsuchi menduga Quincy tidak memusuhi Hollow begitu intens, semata karena tradisi sebab permusuhan lahir dari ideologi yang berbeda, tetapi tidak mungkin membenci sesuatu yang tidak memiliki kemauan atau ideologi, dan berteori hanya ada satu alasan yang bisa dipertahankan seperti dendam yang begitu lama: ketakutan bawaan yang datang dari sesuatu yang mengancam eksistensi seseorang. Pandangan ini dikuatkan oleh Kisuke Urahara, yang mengungkapkan bahwa Quincy tidak memiliki "anti-bodi" untuk bertahan dari Hollow dan semuanya yang menyusun Hollow adalah racun bagi Quincy. Jika Quincy terkikis oleh Hollow, tidak hanya Reiryoku mereka yang melemah, tapi jiwa mereka sendiri akan hancur, dan mereka mati: mereka bahkan tidak dapat menjalani Hollowfikasi seperti Shinigami. Inilah sebabnya mengapa Quincy harus membasmi Hollow.[30]

Pertarungan Quincy

  • Pemanah: Ini adalah bentuk yang paling banyak digunakan untuk pertempuran di kalangan Quincy. Karena mereka masih tetap manusia, menjaga jarak dari Hollow yang sangat berbahaya serta meluncurkan sejumlah serangan pada beberapa lawan memberi mereka keuntungan besar secara ofensif dan defensif.
  • Gintō: Sebuah alat berbentuk kapsul yang digunakan oleh Quincy untuk menyimpan Reiryoku mereka. Ini adalah alat kuno, tetapi penggunaan benda ini memungkinkan Quincy untuk melakukan teknik-teknik tertentu.[31]
  • Hirenkyaku: Sebuah teknik pergerakan Quincy tingkat lanjut. Ini memungkinkan untuk gerakan kecepatan tinggi dengan mengendarai aliran Reishi yang dibuat di bawah kaki pengguna.[32]
  • Blut: Kemampuan Quincy yang memberikan praktisi kemampuan defensif dan ofensif yang tidak manusiawi. Dengan membuat Reishi mengalir ke pembuluh darah mereka, Quincy meningkatkan serangan dan kekuatan pertahanan mereka secara drastis. Meskipun Blut secara signifikan berbahaya, ini memiliki satu kelemahan besar; dua bentuk Blut untuk penyerangan dan pertahanan bekerja dengan menggunakan dua sistem Reishi yang berbeda, sehingga mereka tidak dapat digunakan pada waktu yang sama.[33] Echt Quincy mewarisi itu dari lahir, sementara Gemischt Quincy harus melatih untuk mencapainya.[34]

Kemampuan Langka Quincy

Untuk melakukan pertarungan dengan busur mereka, Quincy memiliki sejumlah teknik langka khusus untuk memberi mereka keunggulan dalam pertempuran:

  • Ransōtengai: Sebuah teknik tingkat tinggi yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol bagian-bagian tubuh mereka menggunakan benang Reiryoku yang dikendalikan oleh otak mereka, membentuk garis atau benang dari Reishi. Dengan menggunakan teknik ini, pengguna dapat mengontrol tubuh mereka menjadi seperti boneka, yang memungkinkan mereka untuk bergerak secara bebas meskipun lumpuh, patah kaki, atau kekuatan lain yang akan menghambat gerakan normal.[35]
  • Quincy: Letzt Stil: Pilihan terakhir untuk Quincy yang dicapai setelah melepaskan Sarung Tangan Sanrei. Ini memberikan pengguna sejumlah besar kekuatan, tetapi dibayar dengan kehilangan kekuatan mereka setelah selesai.[36]
  • Quincy: Vollständig: Sebuah bagian dari evolusi Quincy dan jawaban dari kelemahan teknik usang Quincy: Letzt Stil.[37] Ini adalah kemampuan yang paling mudah dipahami karena seorang penampilan dan kekuatan pengguna berubah secara drastis.[38]
  • Kirchenlied: Sankt Zwinger: Sebuah mantra Quincy sangat kuat yang menciptakan daerah terbentuk dari Reishi dengan salib Quincy tak terhitung jumlahnya timbul dari tanah: Meskipun efeknya tetap tidak terlihat, Royd Lloyd menggambarkannya sebagai "mantra perlindungan maksimal diantara teknik Quincy dari serangan dan pertahanan" dan menyatakan "cahaya Tuhan" akan "menyerang sampai mati" segala sesuatu yang masuk dalam batas-batasnya.[39]

Pelatihan

Pelatihan Quincy disebut sebagai Seiren (聖練, Pelatihan Kudus/Suci).[40] Selain itu, ada lokasi dimana mereka bisa berlatih yang dikenal sebagai Fünft Feld (第5練場 (フェンフト・フェルト), Fenfuto Feruto, bahasa Jerman untuk "Lapangan Kelima", bahasa Jepang untuk "Lapangan Pelatihan Kelima"), dimana Sōken Ishida berlatih pada saat insiden Putih.[41]

Peralatan Quincy

Quincy memiliki banyak artefak dan peralatan yang membantu mereka dengan cara yang berbeda.

Salib quincy Uryu.png

Salib Quincy milik Uryū

  • Salib Quincy (滅却十字 (クインシー・クロス), kuinshī kurosu, bahasa Jepang untuk "Salib Kehancuran"): Sebuah salib dalam bentuk simbol Quincy bahwa hanya mereka yang telah mewarisi kemampuan Quincy dan teknik diperbolehkan untuk memilikinya.[42] Perlengkapan Standar bagi para Quincy, Salib Quincy berperan sebagai fokus sebuah Busur Quincy.[43] Salib tidak perlu selalu berada dalam bentuk salib, sebagaimana salib Ryūken adalah sebuah pentacle.[44] Salib Quincy pertama Uryū mengambil bentuk sebuah salib,[45] tapi yang baru-baru ini mengambil bentuk pentacle.[46]

Sarung Tangan Sanrei.png

Sarung Tangan Sanrei dalam kotak penyimpanan.

  • Sarung Tangan Sanrei: Ini adalah artefak Quincy yang sangat kuat yang dapat meningkatkan kekuatan Quincy secara eksponensial, tetapi membutuhkan jenis yang berbahaya dan latihan melelahkan dari ketahanan dengan memakai itu selama seminggu sambil terus menembak panah spiritual untuk menguasainya.[47] Sarung tangan ini bekerja dengan menghambur Reishi di daerah sekitarnya, sehingga lebih sulit untuk membentuk busur.[48]
  • Gintō: Gintō adalah kapsul yang berisi cairan kecil yang menyimpan Reiryoku, dan digunakan oleh Quincy untuk mengisi mantra dengan cara yang sama bahwa Shinigami menggunakan Kidō. Seperti Kidō, itu diaktifkan dengan memanggil berbagai perintah.[49]
Seele Schneider Uryu.png

Seele Schneider digunakan Uryū seperti panah.

  • Seele Schneider: Seele Schneider adalah pedang tipis yang bisa ditembak mirip dengan panah. Ini jauh lebih panjang dari panah dan fungsi standarnya seperti gergaji: Reishi bergetar dari bilah tersebut dengan frekuensi ultra-tinggi, melonggarkan ikatan molekul antara roh setiap masalah memotong sehingga pengguna Quincy dapat dengan mudah menyerap partikel roh dibebaskan. Uryū juga menyatakan bahwa menggunakannya meningkat kekuatan spiritualnya.[50] Seele Schneider yang digunakan Uryū adalah hasil curian dari ruang penyimpanan rahasia di bawah rumah sakit Karakura[51]
  • Gelang Quincy (装身具, Sōshingu, harfiah. "Elemen Pakaian-Tubuh"): Gelang Quincy adalah artefak yang dirancang untuk meniru kekuatan alami Quincy. Itu bekerja dengan menarik Reishi dari lingkungan, seperti yang dilakukan seorang Quincy seperti biasa. Hal ini hanya dapat digunakan dengan baik oleh mereka yang sudah mahir membentuk dan mengarahkan Reishi.
  • Umpan Hollow: Ini item kecil, disk berbentuk-koin yang menarik Hollow bila dihancurkan.[52] Saat digunakan Uryū, umpan, dalam kombinasi dengan Reiatsu Ichigo yang sangat kuat, dapat menarik Menos kelas Gillian keluar dari Hueco Mundo.
  • Perak Terbuat dari Roh (霊化銀, Reika Gin): Perak Sintesis-Roh yang digunakan oleh Ryūken Ishida untuk membangun ruang tersembunyi dimana Uryū berlatih.[53]
  • Kaca Terbuat dari Roh (霊化硝子, Reika Garasu): Seperti perak sintesis-roh, kaca sintesis-roh digunakan untuk membangun ruang tersembunyi di Rumah Sakit Karakura.[53]
  • Reishi Heisō (霊子兵装, Pakaian Perang Partikel Spiritual): Armor yang digunakan sementara oleh Ryūken ketika bersiap menyelamatkan Masaki. Walau set lengkapnya belum terlihat, itu termasuk busur besar dan tongkat yang tergantung di punggung pemakainya dengan rantai.[54]

Trivia

  • Tite Kubo telah menggunakan motif Jerman pada beberapa item dan kemampuan Quincy sepanjang seri Bleach.

Lihat pula

Referensi

  6. Bleach Official Character Book Souls, halaman 260
  10. 10,0 10,1 Bleach manga; chapter 276, halaman 4
  12. Bleach manga; Chapter 496, halaman 14 & 17
  31. Bleach Official Character Book 2 Masked, halaman 248
  44. Bleach manga; Chapter 186 halaman 8
  50. Bleach manga; Chapter 258, halaman 8-9 dan 16

Navigasi

Also on FANDOM

Random Wiki