FANDOM

Menunjukkan kepedulian bagi kehidupan seorang prajurit di medan perang merupakan penghinaan terhadap prajurit itu.
— Renji Abarai dalam "BARON'S LECTURE FULL-COURSE"

Renji Abarai
Setelah 17 bulan | Sebelumnya

Renji Infobox 3.png

Status Karakter
Ras

Roh

Ulang Tahun

31 Agustus[1]

Gender

Laki-laki

Tinggi

188 cm[1]

Berat

78 kg[1]

Status Profesional
Afiliasi

Gotei 13, Soul Society

Jabatan

Letnan Divisi 6

Jabatan Sebelumnya

Kursi ke-6 dari Divisi 11

Divisi

Divisi 6

Divisi Sebelumnya

Divisi 11
Divisi 5

Rekan

Byakuya Kuchiki

Markas Operasi

Seireitei, Soul Society

Status Pribadi
Pendidikan

Akademi Shin'ō

Zanpakutō
Shikai

Zabimaru

Bankai

Sōō Zabimaru

Debut
Anime

Episode 15

Manga

Chapter 51

Pengisi Suara
Jepang

Kentarō Itō
Reiko Kiuchi (Anak-anak)

Renji Abarai (阿散井 恋次, Abarai Renji) adalah letnan Divisi 6 dibawah pimpinan Kapten Byakuya Kuchiki.

Penampilan

Tato Renji.png

Tato Renji di atas dahinya.

Renji memiliki mata coklat dan rambut merah panjang, yang biasanya diikat ekor kuda tinggi. Saat masih kecil, rambut Renji diratakan. Kemudian. Bagian atas tubuhnya ditutupi tato suku, yang telah meningkat dari waktu ke waktu, mulai dari hari-hari awal sebagai siswa akademi,[2] untuk menutupi punggung belakangnya, juga di dadanya, karena ekstremitasnya, ia juga mentato bagian atas dahinya.[3] Dia memakai pakaian Shinigami standar, meskipun ia biasanya mencakup beberapa jenis tutup kepala, kacamata yang biasanya mahal, atau ikat kepala putih ketika ia menabung untuk membeli beberapa gelas baru. Meskipun sebagai seorang letnan, Renji tidak memakai lencana Letnan dari Divisinya. Sementara dari seragam, Renji sering memakai jenis seperti-kimono pakaian putih malam, dengan pola bunga merah muda di atasnya, dan sabuk abu-abu gelap diikatkan di pinggangnya. Ini juga telah mengatakan "bahwa perempuan dalam Divisi nya tidak keberatan bahwa ia biasanya berjalan di sekitar dengan pakaian malamnya".[4]

Tujuh belas bulan setelah kekalahan Aizen, rambut Renji tumbuh lebih gondrong dan dia memakai bandana berwarna merah gelap yang menutup seluruh tato yang ada di dahinya.[5] Dia juga memakai tali panjang gelap pada setiap pergelangan tangan dengan perban di atas lengannya.[6]

Kepribadian

Renji cukup dinamis. Kepribadiannya bervariasi dari sombong dan sok untuk gelisah dan tertekan setelah kekalahan besar, tetapi menunjukkan dirinya menjadi seorang pejuang yang sangat serius dan ditentukan ketika dihadapkan dengan ancaman yang sebenarnya. Bersedia untuk melawan, membunuh, dan rela mati untuk apa yang diyakininya, Renji adalah orang yang berbahaya bagi mereka yang menghalangi jalannya. Yasutora Sado membandingkan gaya bertarungnya dengan Ichigo Kurosaki.[7] Renji bertekad untuk melampaui kaptennya, Byakuya Kuchiki, dan penentuan ini yang mendorong Renji tumbuh lebih kuat. Renji suka Taiyaki (makanan berbentuk ikan populer biasanya diisi dengan pasta kacang manis), dan tidak suka dengan makanan pedas.[8] Renji juga suka olahraga futsal, dan dalam waktu luangnya menyusun tim dari Divisi ke-6, dengan sukses, lebih atau kurang. Para anggotanya saat ini adalah dirinya, Rikichi, dan Kursi: ke-4, 8, 13, dan kursi-20.[4]

Semua kacamata Renji dibeli dari Gin Tonbo, yaitu toko populer dan biaya setengah satu tahun senilai dengan check gajinya. Namun, setiap kali ia memakai, kacamatanya rusak dalam waktu singkat.[8] Karena itu, ia menggantinya dengan bandana putih yang diikat, sampai ia dapat membeli sepasang kacamata baru. Mimpinya adalah untuk memakai sepasang kacamata yang didesain oleh dirinya sendiri.[4]

Riwayat

Rukia dan Renji kecil.png

Renji dan Rukia saat kecil.

Renji dibesarkan di distrik ke-78 Rukongai, Inuzuri, bersama beberapa anak-anak lain. Setelah datang ke Soul Society, mereka saling membantu untuk mencari keluarga mereka. Suatu hari, setelah mencuri kendi air, Renji dan teman-temannya dikejar oleh orang dewasa. Rukia Kuchiki menyandung orang itu dan mendesak kelompok Renji untuk mengikutinya agar tidak kehilangan air. Rukia bergabung dengan grup mereka dan mereka hidup bersama sebagai sebuah keluarga. Mereka semua membenci Inuzuri dan orang-orang di sana. Renji tidak menyukai kenyataan bahwa Rukia memiliki kekuatan spiritual sama seperti dirinya. Sepuluh tahun setelah Rukia bergabung dengan grup mereka, semua teman-teman mereka telah mati, Rukia mengusulkan agar mereka menjadi Shinigami, Renji setuju. Karena mereka cukup berbakat dengan kekuatan spiritual, mereka memasuki Akademi Shin'ō dengan mudah, di mana mereka berjuang untuk membuktikan nilai mereka di antara orang-orang dari keluarga bangsawan.[9]

Malam sebelum menyambut upacara bagi siswa baru Akademi, Renji tidur di atas pohon, membantah saran Rukia. Keesokan harinya, ia jatuh dari pohon itu dan mendarat di batu nisan, yang membuat terkejut Izuru Kira saat berdoa. Setelah ia berhasil mencapai di antara nilai tertinggi dalam ujian masuk, Renji diterima ke kelas unggulan bersama dengan Izuru dan Momo Hinamori.[10]

Dua bulan setelah memasuki Akademi, Renji memarahi Rukia untuk masih belum pantas dan memberitahunya bahwa ia akan ke Dunia Manusia, latihan lapangan untuk berlatih Konsō untuk pertama kalinya. Saat diberitahu untuk pergi ke latihan lapangan bersama dengan Shūhei Hisagi, Kanisawa, dan Aoga, Renji salah mengenali Shūhei, yang memimpin misi. Izuru menjelaskan kepadanya bahwa Hisagi terkenal dan siswa berbakat. Renji, Izuru, dan Momo ditugaskan untuk kelompok yang sama. Ketika Momo bergabung dengan mereka, Renji menendang Izuru karena bagaimana ia menyapanya, mengatakan bahwa ia seharusnya tidak membiarkan emosinya ditunjukan begitu mudah. Saat sampai di Dunia Manusia, Renji mengatakan bahwa Konsō jauh lebih mudah daripada yang ia bayangkan. Dia kemudian kehilangan kesabaran karena Izuru terus gelisah dan memukulnya.[11] Saat Shūhei hendak mengakhiri tugas mereka, kelompok itu diserang oleh Hollow besar, yang menewaskan Kanisawa dan Aoga. Shūhei memerintahkan kelompok untuk mundur sementara ia tinggal untuk melawan Hollow.

Renji dan Izuru membantu Hisagi.png

Renji, Momo, dan Izuru membantu Hisagi.

Ketika Hollow besar kedua muncul, Momo berhenti dan mempertanyakan mengapa mereka melarikan diri. Renji mengingatkan Momo bahwa Hollow itu baru saja membunuh dua siswa tahun keenam. Ketika Momo bergegas kembali pada Shūhei, Renji dan Izuru mengikutinya dan membantu untuk menahan serangan kedua Hollow itu pada dirinya. Ketika Hollow lebih besar muncul, mereka diselamatkan oleh kedatangan Kapten Divisi 5 Sōsuke Aizen, dan letnannya, Gin Ichimaru. Ketika Momo bertanya-tanya apakah mereka dapat menjadi kuat seperti Aizen dan Ichimaru, Renji tertawa pada gagasan itu dan bersikeras bahwa kapten dan letnan itu layaknya monster.[12]

Rukia meninggalkan Renji.png

Rukia meninggalkan Renji.

Setelah lulus ujian penting, Renji bergegas untuk mencari Rukia dan memberitahunya. Namun, ketika ia menemukannya, Rukia ditemani bersama dengan beberapa Shinigami, termasuk Byakuya Kuchiki. Ketika mereka berjalan pergi, Renji menyadari kekuatan Byakuya, menyebabkan dia bertanya-tanya siapa dia. Renji bertanya apa yang mereka inginkan, Rukia kemudian memberitahu bahwa mereka ingin mengadopsinya ke dalam Keluarga Kuchiki, serta langsung meluluskannya dan hendak ditugaskan di Divisi 13. Renji mengucapkan selamat kepada Rukia karena dia akan menjadi bangsawan, Rukia mengucapkan terima kasih dan kemudian pergi. Renji mengatakan pada dirinya sendiri bahwa Rukia akhirnya memiliki keluarga dan bahwa ia harus tetap berada disana.[13] Setelah kepergian Rukia, Renji berlatih setiap hari dengan tekad untuk mengalahkan Byakuya, tapi ia tak pernah dapat mengalahkannya sekalipun.[14]

Renji minta dilatih Ikkaku.jpg

Renji meminta pada Ikkaku untuk melatih dirinya.

Renji lulus dari Akademi Shin'ō pada tahun 2,066 dan bergabung dengan Gotei 13, di mana ia awalnya bertugas di bawah pimpinan Aizen di Divisi 5, bersama dengan Izuru dan Momo. Tapi Renji yang suka membangkang, akhirnya, dipindahkan ke Divisi 11[1] dan mendapat jabatan sebagai kursi ke-6.[15] Selama hari-harinya di Divisi 11, ia berteman dengan Ikkaku Madarame, dan mengungkapkan kepadanya bahwa ia ingin menjadi lebih kuat dari Byakuya Kuchiki.[16] Ikkaku mengajarkan Renji cara bertarung dan Renji menjadi sadar bahwa Ikkaku memiliki Bankai, meminta agar Ikkaku menggunakannya untuk melatih dirinya.[17]

Empat puluh tahun setelah Rukia Kuchiki diadopsi oleh Keluarga Kuchiki, pada pertengahan April, Momo dan Izuru mengirim Renji sebuah surat yang menyatakan bahwa ia akan dipromosikan menjadi letnan dari Divisi ke-6. Ia secara normal menerima kata-kata Momo, yang menyebabkan dia mengatakan kepadanya untuk tidak terlalu tegang. Ikkaku mengatakan kepadanya bahwa ia sekarang menjadi selangkah lebih dekat dengan Rukia dan bahwa ia telah berkembang menjadi lebih kuat selama empat puluh tahun. Izuru memberitahu Renji bahwa Rukia menerima sebuah misi ke Dunia Manusia sore itu. Ketika Momo mendesaknya untuk buru-buru, Renji mengatakan bahwa ia akan menunggu sampai promosinya diresmikan sebulan kemudian, dan ketika ia kembali, ia akan mengejutkan dia dengan itu.[18] Pada 19 Juli, Renji ditugaskan bersama kaptennya untuk menangkap Rukia dan membawanya kembali ke Soul Society.[19]

Plot

Agent of the Shinigami arc

Byakuya dan Renji.jpg

Kemunculan Renji dan Byakuya.

Setelah ditugaskan untuk menangkap atau membunuh Rukia, Renji pergi ke Dunia Manusia bersama Byakuya dan membahas tentang tugas mereka.[20] Menggunakan kacamata, Renji mengidentifikasi Rukia dan menegaskan bahwa dia ada di dalam Gigai. Renji mengungkapkan bahwa ia tidak percaya informasi dari Kantor Gambar tentang hal ini.[21] Renji menyapa dan menyerang Rukia, mengatakan bahwa dia begitu payah dan bahkan tidak bisa melihat petugas dari Soul Society berdiri tepat di belakangnya. Renji menyinggung bahwa Rukia telah memberikan kekuatannya kepada Manusia biasa. Ketika Rukia mencoba membela, Renji mempertanyakan mengapa dia bertindak seperti itu. Ketika dia terganggu oleh Byakuya, Renji menyerang, tapi membuatnya melarikan diri, mengatakan bahwa memberikan kekuatan kepada seorang manusia adalah dosa yang sangat besar bagi Shinigami dan bahwa mereka jangan memihak manusia. Renji kemudian terganggu oleh kedatangan Uryū Ishida.[22] Setelah bertanya siapa dia, Renji menebas Uryū dan menegaskan akan segera membunuhnya.[23] Renji lalu telah mengalahkan Ishida dengan satu serangan,[24] dan karena ia hendak membunuhnya, dia memperkenalkan dirinya dan mengayunkan pedangnya ke bawah. Namun, ia dihentikan oleh Ichigo Kurosaki yang datang.[25]

Terkejut melihat Shinigami lain dan lebih terkejut melihat ukuran Zanpakutō-nya, Renji menyadari bahwa dia adalah manusia yang diberikan kekuatan oleh Rukia, dan lanjut mencoba menyerangnya.[26] Renji dengan cepat dan mudah menyudutkan Ichigo. Dia menyatakan bahwa setelah Ichigo mati, kekuatan Rukia akan kembali, tapi dia akan dieksekusi di Soul Society. Dia mengejek Ichigo saat Rukia berusaha untuk melindunginya. Ichigo menggunakan kesempatan itu untuk menyerang Renji, menebas dagunya. Byakuya berbicara karena dia ceroboh dan mengungkapkan bahwa menurut pasukan rahasia mereka, Ichigo telah berhasil mengalahkan Menos Grande 33 jam sebelumnya. Renji tertawa dan bertanya nama Zanpakutō milik Ichigo. Melihat bahwa Ichigo tidak mengerti, dia mengaktifkan Shikai-nya dan lanjut melukai Ichigo.[27]

Ichigo menebas Renji.png

Ichigo menebas Renji.

Setelah menjelaskan apa yang baru saja terjadi pada Ichigo, ia bergerak untuk membunuhnya. Namun, Rukia melompat ke hadapan Renji dan mendesak Ichigo untuk melarikan diri. Ichigo malah bangkit dan terus berjuang, menjadi lebih kuat, ini sangat mengejutkan Renji. Ichigo dengan cepat mengalahkan Renji dan ketika ia mencoba untuk menghabisinya, ia ditebas oleh Byakuya.[28] Terpesona oleh kemampuan Byakuya, Renji bertanya-tanya bagaimana Ichigo menjadi begitu kuat secara tiba-tiba. Renji menghentikan Rukia yang berjalan ke arah Ichigo yang sudah dikalahkan, mengatakan bahwa tidak ada gunanya dia terjerumus lebih dalam ke masalah orang yang sudah mati. Rukia protes bahwa itu adalah karena kesalahannya sehingga Ichigo mati, membuat Renji terkejut. Ketika Ichigo mencengkram kaki Byakuya, Renji terkejut bahwa ia masih hidup. Rukia menyerah kepada Byakuya, membuat Ichigo protes. Renji meraih punggungnya, menyuruhnya berhenti melakukan hal-hal buruk dan menjadi tenang. Atas perintah Byakuya, Renji membuka Senkaimon dan mereka pergi bersama Rukia.[29]

Di barak Divisi 6, Renji memarahi Rikichi karena gagal menjaga Jigokuchō dengan benar. Dia kemudian mengunjungi Rukia di selnya. Dia mengatakan padanya untuk makan sesuatu dan menjadi kesal ketika dia mengolok-olok jabatan barunya. Rukia bertanya apakah dia akan dieksekusi. Renji mengatakan kepadanya bahwa Byakuya sedang melaporkan ke Pusat 46 dan menyatakan bahwa hukumannya mungkin akan diringankan. Rukia tidak setuju, mengatakan bahwa ia tidak akan meminta keringanan hukuman, membuat Renji terkejut.[30] Byakuya kemudian kembali dan mengungkapkan bahwa Pusat 46 telah memutuskan bahwa Rukia akan dieksekusi dalam waktu 25 hari, membuat Renji terguncang. Setelah Byakuya pergi, Rukia mencoba untuk menghibur Renji dengan mengatakan bahwa dia baik-baik saja, karena itu hanya akan membuatnya lebih bersemangat untuk melarikan diri dan mengolok-olok tato alis Renji, membuat Renji marah. Renji keluar, benar-benar sedih dan mencatat tidak mungkin baginya untuk melarikan diri dan dia pasti akan dieksekusi. Dia bertanya-tanya apakah itu sungguh baik-baik saja bagi Kapten Kuchiki.

Referensi

  1. 1,0 1,1 1,2 1,3 Profil karakter Renji dalam Volume 9 Chapter 79, halaman 23
  2. Bleach anime; Episode 32
  4. 4,0 4,1 4,2 Bleach Official Character Book Souls
  7. Bleach anime; Episode 267
  8. 8,0 8,1 Weekly Shonen Jump; wawancara, tahun 2004, isu 42
  10. Bleach manga; Chapter -17, halaman 4-8
  14. Bleach manga; Chapter -17, halaman 18
  15. Bleach manga; Volume 23, 0 side-B
  18. Bleach manga; Volume 23, 0 side-B, halaman 187-195
  19. Bleach Official Character Book Souls, halaman 262

Also on FANDOM

Random Wiki